Pahami Penyebab Stretch Mark dan Cara Menghilangkan Stretch Mark Sekarang Juga!

Stretch mark adalah guratan panjang yang muncul pada kulit. Kondisi ini terjadi saat kulit mengalami…

Stretch mark adalah guratan panjang yang muncul pada kulit. Kondisi ini terjadi saat kulit mengalami peregangan (stretching) secara tiba-tiba. Stretch mark adalah hal yang umum dan dapat terjadi pada siapa saja baik wanita maupun pria.

Stretch mark dapat terjadi pada siapa saja, namun tidak dapat dipungkiri kalau kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita. Guratan ini dapat muncul di seluruh tubuh, namun lebih umum ditemukan di area perut, payudara, bokong, paha, dan lengan bagian atas.

Penyebab stretch mark berupa guratan atau garis-garis ini umumnya terjadi setelah kehamilan atau saat terjadi perubahan berat badan yang cukup drastis. Stretch marks adalah kondisi kulit yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan menggunakan berbagai cara.

Penyebab Stretch Mark

Secara singkat dapat dikatakan bahwa penyebab stretch mark adalah peregangan kulit yang terjadi secara ekstrim. Pada saat yang bersamaan, peningkatan hormon kortison turut berpengaruh dalam menjadi penyebab stretch mark. Hormon kortison merupakan hormon alami yang dihasilkan oleh adrenal glands dan memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Namun, saat jumlah hormon kortison yang diproduksi terlalu banyak, kulit akan menjadi kurang fleksibel dan kurang elastis sehingga tidak bisa mengakomodasi ekstrimnya peregangan kulit.

Kondisi peregangan kulit secara ekstrim yang menjadi penyebab stretch mark yang umum terjadi adalah:

  • Kehamilan

Penyebab stretch mark yang paling utama adalah kehamilan. Lebih dari 50% wanita hamil mengalami stretch mark selama masa kehamilan. Hal ini terjadi karena kulit yang berada di daerah perut, bokong, paha, dan sekitarnya terus meregang untuk mengakomodasi pertumbuhan bayi di dalam rahim sang ibu.

  • Masa pubertas

Penyebab stretch mark selanutnya adalah masa pubertas. Pada masa ini, pertumbuhan anak terjadi dengan sangat pesat dalam waktu singkat. Pada anak laki-laki, guratan ini umumnya muncul di daerah bahu dan punggung, sementara pada anak perempuan, guratan ini muncul di daerah pinggul, payudara, dan paha.

  • Berat badan yang naik atau turun secara drastis

Berat badan yang naik ataupun turun secara drastis dalam waktu singkat dapat menjadi penyebab stretch mark. Dalam kondisi sepert ini, kulit tubuh tidak memiliki kesempatan untuk menyesuaikan dengan perubahan berat badan sehingga memunculkan kondisi tersebut.

  • Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis seperti sindrom Cushing dan sindrom Marfan juga merupakan salah satu penyebab stretch mark. Sindrom Marfan mempengaruhi kekuatan dan elastisitas kulit, sementara sindrom Cushing menyebabkan tubuh memproduksi hormone kortisol dalam jumlah berlebih yang memicu kenaikan berat badan secara drastis

  • Penggunaan obat-obatan Kortikosteroid.

Penggunaan obat-obatan yang mengandung Kortikosteroid dalam jangka waktu lama akan menurunkan jumlah kolagen dalam kulit. Hal ini merupakan salah satu penyebab stretch mark yang dapat diantisipasi dengan bijak yaitu dengan memperhatikan durasi pemakaian obat.

Tanda-tanda Stretch Mark

Beragam penyebab stretch mark akan mempengaruhi kondisi kulit dan memunculkan guratan-guratan tersebut. Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan. Stretch mark sendiri terjadi pada lapisan kulit tengah atau dermis. Saat bagian tubuh membesar seperti pada saat kehamilan atau saat terjadi kenaikan berat badan, kulit akan merenggang dengan cepat. Hal ini akan menyebabkan lapisan dermis menjadi menipis dan membuat lapisan kulit dibawahnya terlihat dengan jelas di permukaan kulit.

Sebelum stretch mark muncul, kulit akan berwarna pink dan terlihat tipis. Pada saat yang bersamaan, kulit juga akan terasa gatal dan tidak nyaman.

Pada awal pemunculannya, stretch mark terlihat seperti guratan-guratan di atas permukaan kulit yang berkeriput, kasar, dan berwarna pink, merah, ungu, coklat, ataupun coklat gelap tergantung dari warna kulit itu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, guratan-guratan ini akan mulai memudar dan tidak lagi menonjol di permukaan kulit. Untuk menghilangkan stretch mark secara alami dengan membiarkannya begitu saja akan membutuhkan waktu yang sangat lama, hingga bertahun-tahun lamanya.

Cara Tepat Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark tidaklah berbahaya dan akan memudar seiring dengan berjalannya waktu. Untuk mempercepat proses tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark berupa perawatan secara medis dan non-medis (alami).

Upaya menghilangkan stretch mark secara medis adalah:

  • Mikrodermabrasi adalah proses pembersihan dan pengangkatan sel kulit mati untuk mengangkat lapisan sel kulit baru yang berada di bawah stretch mark
  • Krim Tretinoin. Krim ini bekerja untuk mengembalikan fungsi kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis. Cocok dipergunakan untuk menghilangkan stretch mark yang baru muncul.
  • Terapi laser. Ada bebarapa terapi laser yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan stretch mark salah satunya adalah pulsed laser dyed theraphy yang berfungsi untuk merangsang produksi kolagen dan elastisitas kulit. Cocok untuk guratan yang masih baru.

Upaya menghilangkan stretch mark secara alami adalah:

Upaya yang satu ini melibatkan penggunaan berbagai bahan alami yang mudah didapatkan dan tersedia dengan harga yang terjangkau. Beberapa diantaranya adalah minyak vitamin E, minyak zaitun, gel lidah buaya, kentang, hingga lemon. Bahan-bahan tersebut perlu diaplikasikan ke area stretch mark secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Satu hal lagi, dengan memaksimalkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan minum air putih yang cukup akan membantu Anda untuk menghilangkan stretch mark yang mengganggu penampilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *