Jangan Dulu Panik! Cek disini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, masalah kulit…

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, masalah kulit yang satu ini juga dapat meninggalkan bekas jerawat yang membuat penampilan kurang maksimal. Namun, tidak perlu panik karena bekas jerawat tidak bersifat permanen. Ada berbagai cara menghilangkan bekas jerawat yang dapat Anda lakukan mulai dari perawatan rumahan dengan menggunakan bahan alami serta perawatan dermatologis dari dokter dan ahli kulit.

Jenis Bekas Jerawat

Untuk mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat, Anda perlu mengetahui jenis bekas jerawat itu sendiri. Cara menghilangkan bekas jerawat akan bervariasi tergantung dari jenis bekasnya.

4 jenis bekas jerawat tersebut adalah:

  • Ice pick scar

Karakteristik bekas jerawat ini adalah berbentuk lubang yang dalam dan menyempit. Cara menghilangkan bekas jerawat ini membutuhkan perawatan khusus seperti laser treatment.  Apabila Anda mengikuti prosedur cara merawat wajah berjerawat dengan tepat, maka ada kemungkinan jerawat tersebut tidak akan meninggalkan bekas seperti ini.

  • Boxed scar

Peradangan yang muncul pada saat sedang berjerawat akan meninggalkan bekas jerawat boxed scar. Jenis bekas jerawat ini memiliki karakteristik berupa lubang yang tidak terlalu dalam, lebar, dan bisa berbentuk lingkaran atau oval. Cara menghilangkan bekas jerawat ini dapat dilakukan dengan perawatan berupa dermal filler, punch exision, dan juga laser resurfacing.

  • Rolling scar

Bekas jerawat ini membuat permukaan kulit menjadi bergelombang dan tidak merata. Cara menghilangkan bekas jerawat tipe rolling scar adalah dengan melakukan facial filler dan laser treatment.

  • Hyperpigmentation scar

Sesuai dengan namanya, bekas jerawat ini tidak berbentuk lubang melainkan mengubah warna kulit di tempat terjadinya jerawat menjadi menghitam. Jenis bekas jerawat ini dapat hilang dengan sendirinya, namun butuh waktu lama. Cara menghilangkan bekas jerawat tipe ini adalah dengan melakukan facial, exfoliasi, atau menggunakan produk yang mengandung retinoid untuk mempercepat regenerasi kulit. Cara merawat wajah berjerawat agar tidak meninggalkan bekas seperti ini adalah dengan tidak menyentuh atau memencet jerawat tersebut.

Apabila Anda menerapkan prosedur cara merawat wajah berjerawat dengan menggunakan produk yang tepat, menjaga kebersihan wajah, tidak memencet jerawat, dan mengkonsumsi makanan sehat untuk mendukung proses penyembuhan jerawat dari dalam, maka masalah bekas jerawat ini dapat diminimalisir sejak dini.

Perawatan Bekas Jerawat

Terdapat berbagai pilihan cara merawat wajah berjerawat dan juga cara menghilangkan bekas jerawat itu sendiri. Anda dapat melakukan perawatan di rumah, atau menggunakan produk dari klinik kecantikan terpercaya. Dalam beberapa kasus dimana bekas jerawat sudah cukup parah, maka tindakan medis menjadi pilihan terakhir.

  1. Cara menghilangkan bekas jerawat di rumah

Cara merawat wajh berjerawat yang satu ini dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alam. Beberapa contoh bahan alam yang umum digunakan adalah:

  • Lidah buaya
  • Madu
  • Air perasan lemon
  • VICO (Virgin coconut oil)
  • Ekstrak biji anggur

Bahan-bahan alam di atas dapat dipergunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, terutama untuk bekas jerawat yang menghitam atau hyperpigmentation. Selain itu, penggunaan tabir surya juga digadang sebagai salah satu cara merawat wajah berjerawat untuk menghindari kerusakan lebih langsung.

  1. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan produk perawatan

Cara merawat wajah berjerawat dengan menggunakan produk perawatan khusus kulit berjewarat merupakan pilihan yang sangat populer. Produk-produk ini memiliki kandungan bahan aktif yang mampu menghilangkan bekas jerawat seperti:

  • Salicylic acidyang merupakan kandungan utama dari BHA
  • Retinoid
  • Alpha hydroxyl acid atau lebih sering disebut AHA
  • Lactic acid

Kandungan bahan aktif tersebut mampu melawan bekas jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati, merangsang regenerasi kulit, dan menghaluskan tekstur kulit.

  1. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan tindakan medis

 

Cara merawat wajah berjerawat yang satu ini melibatkan beberapa prosedur yang dapat dianggap sebagai tindakan medis atau perlu dilakukan dengan dokter. Prosedur-prosedur tersebut berupa:

  • Chemical peeling
  • Injection
  • Dermal filler
  • Laser treatment yang terdiri dari 2 tipe yaitu ablative laser treatment dan non-ablative laser treatment
  • Punch techniques yang terdiri dari 3 tipe yaitupunch excision, punch elevation, dan punch grafting

Prosedur-prosedur tersebut harus dilakukan oleh dokter kulit baik di rumah sakit atau klinik terpercaya.

Cara menghilangkan bekas jerawat sangatlah bervariasi dan dengan memilih cara atau metode yang tepat, Anda dapat menghilangkan bekas jerawat dalam waktu yang relatif singkat.  Menggunakan produk yang tepat sebagai bagian cara merawat wajah berjerawat dapat Anda lakukan dengan menggunakan produk dari ADS Skin Clinic. Klinik ini menyediakan paket perawatan wajan berjerawat dengan kandungan bahan aktif yang ampuh bukan hanya untuk membasmi jerawat namun juga untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *