Cara Menghilangkan Keloid dengan Suntik Keloid di Klinik Kecantikan Jakarta Selatan

Bekas luka berupa keloid menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu penampilan. Keloid, terutama yang…

Bekas luka berupa keloid menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu penampilan. Keloid, terutama yang berukuran agak besar dan berada di area tubuh yang terbuka akan sangat menurunkan rasa percaya diri . Namun layaknya bekas luka lain, ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan keloid, salah satunya adalah dengan suntik keloid.

Sebelum mencari tahu cara menghilangkan keloid, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa itu keloid.

Apa itu Keloid?

bekas-luka-keloid

Bekas luka keloid (Sumber: liputan6.com)

Saat kulit mengalami luka, kolagen akan bekerja untuk memperbaiki dan melindungi bekas luka. Namun, ada kalanya, jaringan kolagen ini tumbuh secara berlebihan kemudian mengeras. Jaringan inilah yang disebut dengan keloid. Kelainan dalam proses penyembuhan luka ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh, terutama dada, bahu, pipi, dan telinga.

Keloid umumnya berwarna merah hingga coklat tua. Perlu diketahui bahwa keloid ini tidaklah menular, namun bisa sangat mengganggu. Keloid ini bisa terasa panas, gatal, ataupun nyeri sehingga mengganggu aktivitas setiap harinya. Tidak hanya itu, keloid dapat tumbuh berkembang dan membesar lebih dari batas luka dan hal ini bisa berjalan dalam waktu lama. Hal-hal seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu bahkan membuat insecure  saat berada dalam keramaian.

Penyebab Keloid

Keloid setelah operasi Caesar (Sumber: motherandbaby.co.id)

Untuk dapat menemukan cara menghilangkan keloid yang tepat, Anda juga perlu mengetahui apa penyebab dari masalah kulit ini. Hingga saat ini, penyebab keloid secara pasti belum dapat ditemukan. Namun, dari beberapa studi ditemukan bahwa terdapat beberapa faktor resiko yang membuat seseorang lebih rentan menderita keloid. Faktor-faktor resiko tersebut adalah:

1. Warna kulit gelap

Mereka yang memiliki kulit gelap memiliki resiko lebih tinggi terkena keloid dibandingkan mereka yang berkulit putih.

2. Pengaruh ras

Ras-ras tertentu seperti Asia dan Latin juga memiliki resiko lebih tinggi terkena keloid

3. Faktor keturunan atau genetic

Ternyata ada kecenderungan genetik pada keloid. Bila orang tua Anda memiliki keloid, maka ada kemungkinan Anda juga akan memilikinya

4. Faktor resiko lain

Faktor resiko lain yang membuat peluang seseorang memiliki keloid adalah  bagi wanita yang sedang mengandung.

Cara Menghilangkan Keloid dengan Suntik Keloid

Obat yang dipergunakan untuk suntik keloid (Sumber: youtube.com)

Sebelum memutuskan mencari cara menghilangkan keloid, Anda perlu memastikan bahwa bekas luka yang dimiliki adalah benar-benar keloid. Cara menghilangkan keloid akan efektif khusus untuk bekas luka ini dan bukan untuk bekas luka lainnya. Sebuah bekas luka dikatakan sebagai keloid apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Area kulit berwarna merah hingga kecoklatan
  • Area kulit kasar dan atau membentuk benjolan
  • Ukuran  bertambah besar dari waktu ke waktu. Ukuran keloid umumnya akan berkembang sekitar 3 bulan hingga satu tahun setelah mengalami luka

Salah satu cara menghilangkan keloid adalah dengan menjalani prosedur suntik keloid. Pengalaman suntik keloid yang dilakukan orang-orang menunjukkan hasil yang menggembirakan dan bisa dicoba bagi Anda yang memiliki keloid.

Pengalaman suntik keloid menceritakan bahwa ada beberapa jenis obat yang dipergunakan dalam prosedur ini. Cara menghilangkan keloid dengan menggunakan obat-obatan tersebut berupa triamcinolone acetonide, 5-fluorouracil, dan bleomycin. Suntikan ini diberikan pada area kulit yang mengalami keloid dengan tujuan untuk meratakan keloid agar kembes dan raya dengan permukaan kulit sekitar

Obat-obatan tersebut bekerja dengan cara:

  • Mengurangi proses peradangan dan mencegah memburuknya kondisi keloid
  • Mencegah pertumbuhan sel-sel fibroblast yang menjadi penyebab keloid meluas
  • Menghambat perkembangan sel keratinosit yang menghasilkan protein padat yang membuat keloid mengeras
  • Menghambat pembentukan kolagen di jaringan keloid

Berdasarkan hasil dan pengalaman suntik keloid, cara menghilangkan keloid yang satu ini cukup efektif. Pengalaman suntik keloid selama ini menunjukkan bahwa prosedur ini bisa memberikan hasil yang baik pada 50-100% kasus dengan angka kambuh yang cukup rendah dimulai dari 9%.

Prosedur Suntik Keloid

Cara menghilangkan keloid  dengan suntik keloid itu sendiri sebenarnya cukup sederhana. Pengalaman suntik keloid selama ini menunjukkan bahwa proses bisa berlangsung dengan cepat. Setelah area keloid dibersihkan dengan cairan antiseptik, suntikan keloid akan diberikan dengan atau tanpa pengenceran. Untuk memberikan hasil yang efektif, suntikan akan dilakukan secara rutin setiap satu bulan atau beberapa bulan sekali.

Pengalaman suntik keloid menunjukkan bahwa keloid akan mulai kempes dan melunak 3 minggu setelah penyuntikan. Cara menghilangkan keloid dengan penyuntikan yang dilakukan secara rutin akan mengempiskan keloid secara merata dan mencegahnya muncul kembali.

Cara menghilangkan keloid dengan suntik keloid ini hanya dapat dilakukan oleh dokter ahli baik yang melakukan praktek di klinik kesehatan ataupun klinik kecantikan. Bila Anda ingin melakukan suntik keloid, pastikan untuk selalu berkonsultasi terlerbih dahulu untuk memahami prosedur, tingkat keamanan, tindakan pencegahan, serta berbagai hal lain yang berkaitan dengan masalah kulit ini. Anda juga bisa melakukan suntik keloid ini di klinik kecantikan Jakarta Selatan ADS Skin Clinic. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *