Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Seperti Bekas Luka Knalpot Yang Menghitam

Luka bakar seperti bekas luka knalpot akan meninggalkan bekas yang menghitam. Bekas luka ini tentu…

Luka bakar seperti bekas luka knalpot akan meninggalkan bekas yang menghitam. Bekas luka ini tentu saja akan sangat mengganggu penampilan. Namun tidak perlu khawatir! Ada berbagai cara menghilangkan bekas luka bakar yang terbilang sangat efektif. Perawatan dan cara menghilangkan bekas luka bakar ini dapat dilakukan untuk bekas luka baru ataupun bekas luka yang sudah menahun.

Jenis Luka Bakar

Bekas luka bakar yang mulai menghitam (Sumber: honestdocs.id)

Sebelum mencari tahu mengenai cara menghilangkan bekas luka bakar dan cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam, Anda perlu mengetahui lebih dulu perihal jenis luka bakar.

Luka bakar, layaknya luka jenis lain akan merusak sel kulit. Dalam proses penyembuhan, kolagen akan bekerja untuk memperbaiki kulit tersebut, namun hasilnya akan berbeda dengan kulit sebelumnya dan hal inilah yang disebut dengan bekas luka.

Jenis bekas luka yang muncul dari luka bakar sendiri ada beberapa jenis:

1. Luka hipertrofi

Luka ini menyebabkan kulit terlihat merah atau keunguan, benjol, dan terasa gatal

2. Luka kontraktur

Luka ini menyebabkan kulit, otot, dan urat menjadi kencang. Luka ini juga membuat gerakan kulit menjadi terhambat

3. Luka keloid

Luka ini membentuk benjolan yang sangat mengganggu penampilan

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar secara Alami

Madu sebagai bahan alam penghilang bekas luka (Sumber: pixabay.com)

Secara umum, ada 2 cara menghilangkan bekas luka bakar atau cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam. Cara pertama adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami ini sangat cocok dipergunakan untuk merawat bekas luka derajat satu atau yang paling ringan, dan juga masih tergolong baru.

Beberapa bahan dan cara mengilangkan bekas luka bakar atau cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam yang umum dipergunakan adalah:

  1. Lidah buaya
  2. Madu
  3. Kunyit
  4. Minyak zaitun
  5. Kentang, dan berbagai bahan alam lainnya

Bahan-bahan tersebut dapat dipergunakan sebagai cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam. Beberapa bahan seperti madu dan lidah buaya bahkan dapat dipergunakan untuk mengobati luka bakar khususnya luka bakar yang tidak terlalu dalam.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Treatment Khusus

Cara menghilangkan bekas luka bakar atau cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam selanjutnya adalah dengan melakukan treatment khusus. Treatment yang dilakukan sangat beragam dan dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan bekas luka tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar secara umum atau cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam secara lebih spesifik:

1. Suntik steroiddan suntik keloid

Suntik steroid dan  suntik keloid merupakan cara menghilangkan bekas luka bakar tipe hipertrofi dan tipe keloid. Treatment suntik ini dapat dilakukan  berulang kali dalam jangka waktu tertentu yang disarankan dokter kulit. Perlahan bagian luka akan melunak dan pada akhirnya meratakan bekas luka bakar yang ada. Jenis perawatan ini cocok untuk luka bakar berukuran besar dan sedang.

2. Dermabrasi

Perawatan ini merupakan cara menghilangkan bekas luka bakar yang terlihat menonjol atau menggumpal. Dermabrasi dilakukan dengan cara mengikis permukaan kulit untuk memunculkan permukaan kulit di bagian bawah yang lebih halus dan mulus.

3. Mikrodermabrasi

Proses mikrodermabrasi (Sumber: pixabay.com)

Mikrodermabrasi sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka bakar bekerja dengan cara mengikis permukaan kulit untuk memunculkan permukaan kulit di bagian bawah yang lebih halus dan mulus. Perawatan ini menggunakan bahan  yang sangat halus untuk menghaluskan dan mencerahkan permukaan kulit bekas luka bakar. Mikrodermabrasi juga merupakan cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam dan dinilai cukup efektif.

4.  Microneedling

Alat yang dipergunakan dalam microneedling

Microneedling merupakan cara menghilangkan bekas luka bakar terbaru dalam dunia medis dan kecantikan. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan alat menyerupai rolling pin yang ditempeli jarum-jarum berukuran mikro. Tujuan utama terapi ini adalah merangsang produksi kolagen untuk menghilangkan bekas luka bakar di kulit.

Prosedur microneedling melibatkan penggunaan anestesi atau obat bius ringan. Hal ini diperlukan karena proses ini akan mengakibatkan pendarahan ringan. 

5. Terapi laser / laser resurfacing

Terapi laser sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar ataupun cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam bekerja di bagian dalam kulit. Terapi laser bekerja pada jaringan kolagen dalam lapisan dermis untuk menghaluskan permukaan kulit dan menyamarkan bekas luka. Laser sendiri biasanya dilakukan dengan menembakkan sinar laser ke area kulit yang menghitam, treatment ini bisa saja menghanguskan area luka hingga menyebabkan kemerahan. Setelah treatment laser dilakukan, biasanya kaki akan terasa panas dan kelamaan kulit yang menghitam akan mengelupas digantikan kulit yang baru.

6. Chemical peeling

Chemical peeling menjadi salah satu cara menghilangkan bekas knalpot yang menghitam yang patut dicoba. Chemical peeling dilakukan untuk mengangkat dan membersihkan sel kulit mati/rusak dan merangsang regenerasi sel kulit dalam waktu singkat. Saat melakukan treatment peeling biasanya dokter atau perawat akan mengoleskan cairan ke bagian kulit. Ada beberapa efek yang mungkin timbul setelah melakukan chemical peeling seperti gatal, kemerahan, hingga perih. Jika Anda pasien yang sebelumnya sudah melakukan treatment tetapi gagal, biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan krim terlebih dahulu sebelum Anda memulai treatment. Jeda waktu treatment chemical peeling kisaran 2 minggu sampai dengan 1 bulan tergantung proses pengelupasan kulit.

Cara menghilangkan bekas luka bakar yang satu ini terbagi menjadi beberapa tipe mulai dari light peeling, medium peeling, dan deep chemical peeling. Perbedaan tipe ini didasarkan pada konsentrat bahan yang dipergunakan untuk melakukan peeling.

Pelaksanaan treatment atau terapi cara menghilangkan bekas luka bakar tersebut perlu dilakukan beberapa kali sesuai dengan tingkat keparahan dari luka itu sendiri. Selain itu, treatment tersebut harus dilakukan oleh mereka yang ahli dibidangnya, dalam hal ini para dokter kulit atau dokter spesialis yang terlatih, untuk memastikan hasil yang maksimal, Anda juga bisa melakukannya di ADS Skin Clinic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *